Sunday 8 May 2011

Ulat Bulu Sebesar Jari Serang Warga Pasuruan

Warga Pasuruan kembali dirisaukan keberadaan ulat bulu di rumah-rumah dan pepohonan. Tidak seperti sebelumnya, ulat bulu yang sudah menyebar luas di Dusun Gunungan Desa/Kecamatan Nguling ini ukurannya lebih besar.

"Kemarin saat mencari makanan untuk kambing saya, saya melihatnya ulat bulu di pohon kedondong jumlahnya ratusan dan besar-besar," kata Prayit (71), warga Dusun Gunungan kepada detiksurabaya.com, Minggu (8/5/2011).

Menurutnya pria yang sehari-hari bekerja sebagai peternak ini, ulat bulu di dusunnya tidak cuma menyerang pohon tapi juga sudah menyebar dan menempel di rumah warga. "Sudah merambat ke rumah-rumah warga," lanjutnya.

Dari pantauan detiksurabaya.com, ulat bulu itu warna kombinasi hitam merah terdapat di sedikitnya 7 rumah warga. Ulat tersebut berjumlah ratusan dan menempel di dinding-dinding rumah. Keberadaan ulat bulu dengan panjang 9 cm dan lingkar badan 2 cm itu membuat warga resah karena penyebarannya sangat pesat.

"Kemarin tidak ada sama sekali, lha sekarang kok banyak sekali dan masuk ke rumah saya," ujar Sarnati, tetangga Prayit yang rumahnya sudah dimasuki ulat bulu.

Ulat bulu jenis ini, kata dia, memang berbeda dengan ulat bulu yang menyebar di desa beberapa waktu yang lalu. Hingga saat ini, warga tidak bisa melakukan apa-apa untuk membasmi ulat bulu yang ada di dusunnya. Beberapa warga mengaku takut dan beberapa yang lain mengaku bingung bagaimana cara membasminya.

No comments:

Post a Comment