Tuesday 28 December 2010

Busway Koridor IX Dilayani 77 Bus, Koridor X 17 Bus

Busway koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) dan X (Cililitan-Tanjung Priok) akan segera diresmikan pada 31 Desember 2010 mendatang. 94 Bus TransJakarta pun siap melayani penumpang di dua koridor tersebut.

"Untuk koridor IX, yang akan dioperasikan 69 bus single dan 8 bus gandeng. Sedangkan koridor X akan dilayani 17 bus gandeng," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (29/12/2010).

Menurut Pristono, koridor X relatif lebih panjang jaraknya. Selain itu antusiasme warga yang akan menggunakan transportasi umum ramah lingkungan di koridor ini juga diprediksi akan lebih besar di banding koridor IX.

"17 bus gandeng itu sama saja 34 bus single. Dan karena rute koridor X itu track nya lurus, maka kita gunakan bus gandeng," terangnya.

Total bus di dua koridor yang hanya 94 bus (25 bus gandeng dan 69 bus single) dinilai masih kurang optimal untuk melayani masyarakat. Pengadaan bus tambahan untuk dua koridor ini pun akan dilakukan pada tahun 2011 mendatang.

"Nanti akan ditambah lagi. Penambahan akan dilakukan lewat anggaran 2011," terangnya.

Dengan dioperasikannya dua koridor yang sempat mangkrak selama dua tahun ini, diharapkan bisa mengurangi kemacetan di kawasan yang dilewati bus berbahan bakar gas ini. Masyrakat pun dminta beralih ke moda transportasi massal ini.

"Ya kalau tidak ingin macet, sebaiknya naik busway. Karena tujuan busway memang untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi," imbuhnya.

No comments:

Post a Comment