Tuesday 28 December 2010

Waspadai Serangan Teror Tahun Baru, India Tingkatkan Pengamanan

Otoritas India meningkatkan pengamanan di berbagai kota-kota besar negeri itu. Langkah ini dilakukan setelah adanya laporan intelijen bahwa kelompok teroris yang berbasis di Pakistan tengah merencanakan serangan saat akhir pekan Tahun Baru nanti.

Kepolisian India menyatakan, empat anggota kelompok teroris Lashkar-e-Taiba (LeT) yang berbasis di Pakistan telah masuk ke Kota Mumbai. Mereka berencana melancarkan serangan segera.

Untuk meningkatkan keamanan, polisi-polisi tambahan telah dikerahkan di jalan-jalan kota, termasuk di Mumbai. Pengamanan juga diperketat di bandara-bandara, stasiun-stasiun kereta dan resor pantai populer, Goa.

Polisi India telah memburu keempat militan LeT tersebut sejak pekan lalu.

"Keempatnya baru-baru ini menyusup ke kota (Mumbai) untuk melakukan aktivitas berbahaya," kata Himanshu Roy, Komisioner Kepolisian seperti dilansir harian Telegraph, Rabu (29/12/20101).

India terus berupaya menghindari terulangnya serangan teror tahun 2008 lalu di Mumbai. Dalam peristiwa yang berlangsung tiga hari itu, 166 orang tewas di Mumbai. Serangan itu dilakukan oleh 10 anggota LeT.

Mereka menyerang dua hotel mewah, sebuah pusat Yahudi dan satu stasiun kereta. Mereka tiba dari Kota Karachi, Pakistan. Pemerintah India menuding, kelompok militan tersebut dipelihara oleh badan-badan keamanan Pakistan untuk memerangi pasukan India di Kashmir.

No comments:

Post a Comment